Seminar Kemasjidan Masjid Pondok Indah

Hari Kamis tanggal 13 Mei 2010, Yayasan Pondok Mulya, Masjid Pondok Indah memanfaatkan hari libur dengan menyelenggarakan seminar Kemasjidan dengan tema : ”MEMBANGUN MANAJEMEN MASJID SECARA PROFESSIONAL”

Dalam acara seminar yang diselenggarakan satu hari ini cukup semarak dihadiri oleh lebih dari 300 peserta yang berasal dari berbagai masjid anggota Dewan Masjid Indonesia DKI dan keluarga besar jamaah Masjid Pondok Indah.

Acara seminar yang padat ini menampilkan beberapa nara sumber Drs Achmad Subianto MBA, Ketua Gerakan Memakmurkan Masjid, Drs Ahmad Yani, Penulis beberapa buku kemasjidan dan Ibu Wulandari P Si dari Yayasan Buah Hati.

Seminar yang sedianya dibuka oleh Dirjen Bimas Islam yang ternyata berhalangan diwakili oleh Direktur Penamas Departemen Agama Drs. H Djauhari. Hadir juga Sekjen Gemar Masjid, Drs Busrori, Msc.

Acara dibuka pk 9.30, mundur satu jam diselenggarakan di aula bawah Masjid Pondok Indah. Selain acara seminar juga disemarakkan dengan beberapa counter yang menampilkan berbagai produk dari beberapa perusahaan dan Bank.

Selengkapnya acara seminar adalah :

  • Materi I : ” Gerakan Memakmurkan Masjid” oleh Drs. Achmad Subianto MBA.
  • Materi II :” Masjid sebagai Pusat pembianan Akhlaq” oleh Ibu Wulansari P. Si dari Yayasan Buah Hati.
  • Materi III :” Manajemen Masjid dan Aplikasinya” oleh Drs Ahmad Yani.

Sebagai Ketua Gerakan Memakmurkan Masjid (Gemar Masjid), Achmad Subianto mengingatkan peserta seminar mengenai peranan masjid sebagai rumah Allah dan menyampaikan sejarah berdirinya Gerakan Memakmurkan Masjid. Masjid sebagai Rumah Allah harus dapat menjadi tempat solusi bagi umat Islam. Allah ikhlas Rumah-Nya di bumi disediakan bagi Umat Islam sebagai tempat ibadah dan untuk berbagai kegiatan umat Islam yang lain. Tetapi umat islam juga ikhlas unutk menolong Allah dengan memakmurkan masjid-Nya (At Taubah 18) dan tidak membiarkan kosong tetapi harus berusaha memakmurkannya sebagaimana juga dinyatakan dalam surat Muhammad ayat 7.

”Hai orang-orang beriman jika kamu menolong Allah, niscaya Allah menolong kamu dan Dia teguhkan langkah-langkah kamu” (Muhamamd:47:7).

Selanjutnya Achmad Subianto juga menjelaskan peranan masjid dalam memberikan pelayanan kepada jamaahnya. Demikian banyak pelayanan yang semestinya dapat diberikan oleh masjid dan salah satu diantaranya adalah pelayanan zakat, infaq dan sedekah. Masjid perlu membentuk Unit Pelayanan Zakat (UPZ). Saat ini telah tersedia software pelayanan zakat untuk masjid. Dijelaskan pula mengenai pengertian shadaqah. Perbedaan antara shadaqah, zakat, infaq dan sedekah. Juga diingatkan mengenai ancaman Allah SWT bagi Umat Islam yang tidak memperhatikan mengenai : shadaqah, zakat infaq dan sedekah. Untuk itu Gerakan Memakmurkan Masjid adalah juga Gerakan Menyelamatkan Umat. Sekaligus sebagai sosialisasi, Achmad Subianto juga membagikan brosur mengenai Pelayanan Shadaqah(zakat, Infaq dan sedekah).

Seminar Masjid Pondok Indah

Penulis adalah Achmad Subianto:
Ketua Gerakan Memakmurkan Masjid, Ketua Komisi Pengawas BAZNAS 2005-2011, Penasehat ISEI Cabang Jakarta 2001-2011, Ketua Umum Fokkus, Babinrohis Pusat, Mantan bendahara DPN KORPRI 2004-2009, Mantan Ketua IV PWRI 2003-2009, Ketua Umum Federasi Perasuransian Indonesia 2003, Ketua Umum Asosiasi Jaminan Sosial dan Jaminan Sosial 2000-2008, Direktur Utama PT Taspen 2000-2008

Beri komentar

Anda dapat menggunakan tag-tag XHTML berikut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>